by Jimmy Wahyudi Bharata on June 23rd, 2012
sedia qurban

sedia qurban

Qurban adalah penyembelihan hewan ternak yang sering ditemui pada musim haji. Tujuannya semata-mata untuk mendekatkan diri dan mencari ridha Allah swt. Jenis hewan Qurban dapat berupa Domba, Kerbau, Sapi, Kambing, Unta atau Daging Qurban olahan yang sudah dikalengkan. Untuk daging kurban yang sudah dikalengkan ini memudahkan jika akan dikirim ke pelosok negeri seperti pulau terpencil yang ada di Indonesia.

Lalu, apakah kambing qurban ini sama dengan aqiqah? Pendapat dari Imam As-Shan’ani, Imam Syaukani, dan Iman Ibnu Hazm bahwa kambing aqiqah tidak disyaratkan harus mencapai umur tertentu atau harus tidak cacat sebagaimana kambing Idul Adha, meskipun yang lebih utama adalah yang tidak cacat.

Imam As-Shan’ani dalam kitabnya “Subulus Salam” (4/1428) berkata: “Pada lafadz syaatun (dalam hadist sebelumnya) menunjukkan persyaratan kambing untuk aqiqah tidak sama dengan hewan kurban. Adapun orang yang menyamakan persyaratannya, mereka hanya berdalil dengan qiyas.”

Imam Syaukhani dalam kitabnya “Nailul Authar” (6/220) berkata: “Sudah jelas bahwa konsekuensi qiyas semacam ini akan menimbulkan suatu hukum bahwa semua penyembelihan hukumnya sunnah, sedang sunnah adalah salah satu bentuk ibadah. Dan saya tidak pernah mendengar seorangpun mengatakan samanya persyaratan antara hewan kurban (Idul Adha) dengan pesta-pesta (sembelihan) lainnya. Oleh karena itu, jelaslah bagi kita bahwa tidak ada satupun ulama yang berpendapat dengan qiyas ini sehingga ini merupakan qiyas yang bathil.”

Imam Ibnu Hazm dalam kitabnya “Al-Muhalla” (7/523) berkata: “Orang yang melaksanakan aqiqah dengan kambing yang cacat, tetap sah aqiqahnya sekalipun cacatnya termasuk kategori yang dibolehkan dalam kurban Idul Adha ataupun yang tidak dibolehkan. Namun lebih baik (afdhol) kalau kambing itu bebas dari catat.” Semoga penjelasan ringkas ini dapat membedakan kambing qurban dan aqiqah.

Related posts:

  1. Aqiqah Bayi Bertepatan Qurban

Tags: ,

Leave a Reply

%d bloggers like this: