by Jimmy Wahyudi Bharata on June 28th, 2012

Doa Aqiqah atau doa ketika kambing disembelih disebutkan dalam beberapa Firman Alloh Ta’ala berikut ini. Doa Aqiqah ini panduan dari Allah untuk senantiasa membesarkan-Nya, kepada Allah Yang Maha Pengasih Penyayang dan Maha Besar.

فَكُلُواْ مِمَّا أَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُواْ اسْمَ اللّهِ

“Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu dan sebutlah nama Allah…” [QS. Al-Maidah[5]: 4]

Sedangkan doa aqiqah di dalam Al Quran, Firman Alloh Ta’ala:

وَلاَ تَأْكُلُواْ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ

doa aqiqah

doa aqiqah

“Dan janganlah kamu memakan binatang- binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya, sesungguhnya perbuatan semacam itu adalah suatu kefasikan.” [QS. Al-An’am : 121]

Doa Aqiqah

Adapun petunjuk Nabi tentang tasmiyah (membaca bismillah) sudah masyhur dan telah kita ketahui bersama1. Oleh karena itu, doa aqiqah tersebut juga diucapkan ketika meyembelih hewan untuk aqiqah karena merupakan salah satu jenis kurban yang disyariatkan oleh Islam. Maka orang yang menyembelih itu biasa mengucapkan : “Bismillahi wa Allohu Akbar”.

Telah menceritakan kepada kami [Ishaq bin Nashr] berkata, telah menceritakan kepada kami [Abu Usamah] berkata, telah menceritakan kepada kami [Hisyam bin Urwah] dari [Bapaknya] dari [Asma binti Abu Bakar] radliallahu ‘anhuma, Bahwasanya di Makkah ia hamil karena hubungannya dengan Abdullah bin Zubair (suaminya). Ia berkata, “Aku lalu keluar menuju Madinah, ketika sampai di Quba, aku singgah dan melahirkan di sana. Aku lalu membawa bayiku menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan aku letakkan di pangkuannya. Kemudian Beliau minta diambilkan buah kurma, lalu mengunyahnya untuk kemudian meludahkannya ke dalam bayiku. Maka pertama kali yang masuk ke dalam perutnya adalah ludah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau memberi kunyahan kurma dan mendoakan keberkahan kepadanya. Dia adalah bayi pertama yang lahir dalam Islam. Orang-orang pun bangga, sebab telah dikatakan kepada mereka ‘sesungguhnya orang-orang Yahudi telah menyihir kalian, sehingga kalian tidak akan memiliki anak’.”
[HR bukhari no.5047 - Mutashil]

Semoga artikel tentang doa aqiqah ini ber manfaat untuk kita semua. Dan buah hati kita yang kita aqiqahi pun bermanfaat untuk dunia akhirat, menjadi pejuang agama sampai akhir hayat

 

Incoming search terms:

doa aqiqah (504)doa akikah (67)Doa tasmiyah (60)doa aqiqoh (32)doa tasmiah (24)doa aqikah (21)doa tasmiyah dan aqiqah (19)doa untuk aqiqah (14)doa tasmiyah aqiqah (14)download doa aqiqah (12)

No related posts.

Tags: , ,

1 Comment on Doa Aqiqah

  1. marlan says:

    terima kasih atas penjelasannya tentang akikah. semoga bermanfaat, izin di share ya… http://www.akikah.net

Leave a Reply

%d bloggers like this: