by Jimmy Wahyudi Bharata on June 10th, 2012

Aqiqah dengan kurban kambing. Agar ibadah kita diterima Allah swt sebagai amal shaleh, maka ibadah kita harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, baik dalam waktu dan cara pelaksanaannya. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami kembali makna aqiqah yang sebenarnya. Kurban Kambing adalah salah satu caranya.

aqiqah qurban kambing

aqiqah qurban kambing

Menurut bahasa Aqiqah berartu memutusn atau memotong, sedangkan menurut istilah Syar’i Aqiqah adalah menyembelih kambing untuk anak yang baru dilahirkan pada hari ke-7 (tujuh) dari kelahirannya.

Hukum Aqiqah

Bagaimana hukum aqiqah ini? Para Fuqoha berbeda pendapat dalam hal ini, ada yang wajib ada yang sunnah muakkad dan ada yang menolak Aqiqah ini di syariatkan. Pendapat yang terakhir ini adalah pendapat ahli fiqih hanafiyah. Adapun yang berpendapat wajib adalah diantaranya : Hasan Basri, Al Laits, Ibnu Saad dan lain-lain. Sedaangkan yang berpendapat sunnah muakkad adalah sebagian besar ahli ilmu fiqih dan ijtihad diantaranya mereka adalah Imam Malik, Imam Syafii, Imam Ahmad dan lain lain. Inilah pendapat yang terkuat.

 

Hadith tentang Qurban

Telah menceritakan kepada kami [Sulaiman bin Harb] berkata, telah menceritakan kepada kami [Syu’bah] dari [Zubaid] dari [Asy Sya’bi] dari [Al Bara’] berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberi khutbah kepada kami pada hari Nahr (penyembelihan kurban), beliau sabdakan: “Sesungguhnya yang pertama kali kami lakukan pada hari Raya kami ini adalah shalat. Kemudian kami pulang dan melaksanakan penyembelihan kurban. Maka barangsiapa mengerjakan seperti itu berarti dia telah memenuhi sunnah kami. Dan barangsiapa menyembelih kurban sebelum pelaksanaan shalat ‘Ied maka itu hanyalah daging yang dipersembahkan untuk keluarganya dan tidak sedikitpun mendapatkan (pahala) ibadah kurban.” Tiba-tiba pamanku, Abu Burdah bin Niyar, berdiri dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku telah menyembelih hewan sebelum aku shalat, namun aku masih memiliki anak kambing yang lebih baik dari kambing yang telah berumur dua tahun.” Maka beliau pun bersabda: “Jadikanlah ia sebagai pengganti (dari apa yang telah kamu sembelih sebelum shalat).” Atau beliau mengatakan: “Sembelihlah, namun hal itu tidak mencukupi oleh orang selainmu.”
[HR bukhari no.915 – Mutashil]

Semoga tulisan dalam agenzaka.com aqiqah ini bermanfaat. Jika sahabat mencari jasa aqiqah jakarta Silakan kontak ust. Zaka untuk pembelian kambing aqiqah Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor. Lokasi kami yang strategis, berbatasan dengan  wilayah tersebut, memudahkan kita jika ada pembeli kambing aqiqah untuk wilayah tersebut. Pengen Beli Kurban Kambing di Jakarta, silakan beli di Ustadz Zaka :)

No related posts.

2 Comments on Aqiqah Dengan Kurban Kambing

  1. […] shahih yang menunjukkan keharusan aqiqah dengan kambing semuanya shahih, sebagaimana pembahasan […]

  2. […] Keterangan Kambing Kurban – Kelas A dan Super Tinggi dan Panjang badan relatif sama. Sapi dari petani langsung tidak ditimbang hanya taksiran (misal). Jakarta 0856.1003.995  (Zakaria) Lokasi Jl. Trikora Raya RT 001/09 Kel. Gedong Pasar Rebo Dekat Mesjid Uswatun Hasanah / RS Harapan Bunda. Monggo silaturahim juga ke blognya ust Zaka di kambing kurban di www. agenzaka. com […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: