by Jimmy Wahyudi Bharata on May 12th, 2013
aqiqah anak menurut islam

aqiqah anak menurut islam

Aqiqah Anak. Di dalam beberapa keterangan aqiqah anak Menurut Syaikh Abdullah nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya dan keterangan  dalam sebuah situs memiliki beberapa hikmah.

Dalam hal ini aqiqah anak seperti kita menghidupkan sunah Nabi Rasulullah dalam meneladani Nabiyyullah Ibrahim alaihissalam ketika Allah Subhanahu wa Ta ala diperintahkan untuk menebus putranya tercinta, Nabi Ismailalaihissalam. Kalau kita perhatikan aqiqah anak ini mengandung unsur perlindungan dari syaitanyang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadis, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqah nya”.

Sehingga Anak yang telah ditunaikan aqiqahnya insya Allah lebih terlindung dari gangguan syaithan yang sering mengganggu anak-anak. Hal inilah yang dimaksud oleh Al Imam Ibunu Al Qayyim Al Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari syaithan tergadai oleh aqiqah nya”.

Aqiqah ini sebagai sarana untuk menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada yaumil akhir nanti.

Aqiqah anak ini Merupakan tebusan hutang anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari perhitungan. Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan: “Dia tergadai dari memberikan Syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan akikahnya)”. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan lahirnya sang anak.

Aqiqah akan memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara masyarakat Menurut Drs. Zaki Ahmad dalam bukunya “Kiat Membina Anak Sholeh” disebutkan manfaat-manfaat yang akan didapat dengan beraqiqah, di antaranya adalah

Akan Membebaskan anak dari ketergadaian, Menghindarkan anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismail AS dan Ibrahim AS, Pembelaan orang tua di hari kemudian, Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya, Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya Islam dan keluarnya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW, Memperkuat tali silahturahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir, Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat, Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Semoga penjelasan aqiqah anak tersebut yang dirangkum dari situs wikipedia bermanfaat.

Incoming search terms:

aqiqah dalam islam (29)manfaat aqiqah di akhirat (25)manfaat aqiqah di akhirat apa (2)akikah untuk akhirat (1)manfaat qurban di akhirat (1)manfaat comaqiqah bagi umat islam (1)manfaat aqiqah di ahirat kelak (1)manfaat aqiqah dan kurban untuk akhirat (1)Kitab manfaat aqiqah di akhirat (1)keutamaan aqikah untuk di akhirat kelak menurut rasul (1)

No related posts.

2 Comments on Aqiqah Anak Menurut Islam

  1. Hi, nice article. I really like it!

  2. […] jumlah kambing dalam aqiqah anak dalam agenzaka.com ini bermanfaat. Jika sahabat mencari jasa aqiqah anak atau  aqiqah jakarta Silakan kontak ust. Zaka untuk pembelian kambing aqiqah Depok, Tangerang, […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: